selamat datang di blogger triz_11

Kamis, 24 Desember 2009

PHOBIA

PENGERTIAN PHOBIA
Kata “phobia” sendiri berasal dari istilah Yunani “phobos” yang berarti lari (fight), takut dan panik (panic-fear), takut hebat (terror).
Phobia adalah ketakutan yang luar biasa dan tanpa alasan terhadap sebuah obyek atau situasi yang tidak masuk akal. Pengidap phobia merasa tidak nyaman dan menghindari objek yang ditakutinya. Terkadang juga bisa menghambat aktivitasnya
JENIS PHOBIA
Phobia terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:
Phobia khusus yaitu ketakutan terhadap obyek atau aktivitas tertentu.
Contoh:
acrophobia: takut ketinggian.
Ailurophobia: takut kucing.
Arachnophobia: takut laba-laba.
Cynophobia: takut anjing.
Nyctophobia: takut gelap, dll.
Phobia sosial yaitu ketakutan terhadap penilaian orang lain.
Contoh: Agoraphobia yaitu rasa takut berada di tempat terbuka atau pusat keramaian.
Penyebab orang menjadi PHOBIA
Banyak hal yang membuat seseorang mengidap phobia. Paling sering karena traumatis, terutama yang terjadi dimasa kecil. Phobia terjadi karena pikiran bawah sadar kita salah memberi arti terhadap peristiwa traumatis yang menyebabkan phobia.
Biasanya pengidap phobia cenderung membiarkan phobianya, dengan menghindari objek phobianya. Tapi daripada didiemin terus lebih baik diobatin..capek juga kan kalau terus menghindar ?
Salah satu alternatif mengobati phobia bisa dengan hipnotis. Tentunya dengan bantuan ahli terapi dengan memasukkan sugesti – sugesti baik,. Selain itu bisa juga dengan desentisasi, yaitu dengan mendekatkan pengidap phobia dengan objek yang membuatnya takut. Tapi tidak sekaligus, melainkan dengan cara bertahap dan membuatnya merasa rileks terlebih dahulu. Misalnya orang yang phobia gelap (nyctophobia). Biarkan ia berada dalam ruangan terang, kemudian secara bertahap gantilah dengan penerangan yang semakin meredup.
Untuk sembuh dari phobia tentunya butuh keinginan yang kuat serta dorongan dari orang- orang sekitar. Jadi, kalau temanmu phobia jangan jadi bahan untuk diisengin dengan sesuatu yang ia takuti.

Tidak ada komentar: