selamat datang di blogger triz_11

Rabu, 18 November 2009

SOPAN SANTUN

Mungkin yang satu ini sudah banyak kita lupakan..sering kali kita angkuh berlagak seperti yang paling hebat tanpa melihat orang laen, diatas langit masih ada langit lagi.
Seringkali anak jaman sekarang tidak lagi menggunakan sopan santun pada saat mereka berhadapan dengan orang lain.
Seringkali saya menemukan anak muda jaman sekarang suka berprilaku tidak sopan pada saat mereka berbicara maupun lewat didepan orang.
Saya pernah mempunyai pengalaman ketika saya berbicara dengan orang yang lebih ‘tua’ dari saya, pertama kali orangnya bilang …
“Silahkan duduk mas, ada yang bias saya Bantu..??”
padahal orng tersebut jauh lebih tua dari saya, tetapi orang tersebut masih bisa sopan kepada orang yang lebih muda dari dirinya.
Ternyata sopan santun itu bisa dipakay oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.
Sopan santun atau istilahnya toto kromo dalam bahasa jawa, menurut saya adalah suatu tindakan atau perkataan untuk menghormati orang lain yang biasanya dilakukan untuk orang yang lebih tua maupun yang lebih muda dari kita
Namun tak hanya kepada orang yang lebih tua melainkan kepada semuanya baik itu tua, muda, laki-laki, wanita, guru,dosen, dan lain-lain, kita juga seharusnya sopan.
Selama ini mungkin kita terlalu kebarat-baratan, mungkin sudah saatnya kita kembali ke jati diri kita dengan merundukan kepala.

1 komentar:

Acid mengatakan...

Wah...blognya keren juga nih....kamu anak gundar yah ? blog kamu udah di daftarin lomba blog bulanan di Gunadarma ? kalo belum, cepetan daftar di Studentsite. Syaratnya gampang ko, coba kamu cek di TULISAN INI untuk informasi lebih lanjut. Silahkan gunakan Yahoo Pingbox yang ada pada sebelah kanan situs tersebut untuk bertanya hal - hal seputar blog.

sekedar mengingatkan kembali, URL yang kamu kirimkan pada saat akan Submit Tugas melalui studentsite, adalah URL dari tulisan tugas tersebut. Bukan URL dari homesite blog kamu.

misalnya, tulisan ini adalah tugas, maka URL yang diisikan adalah :

http://viking-trisna.blogspot.com/2009/11/kritikan-humanistik-tehadap.html

kemudian isikan Judul sesuai dengan judul tugas yang diberikan, sedangkan matauliah, diisikan dengan nama matakuliah softskills-nya.

Follow Back yach.. ;)

BAPSI